Informasi Seputar Indonesia

Pokemon Go Kian Sepi Pengguna, Apa Kabar Nintendo?

5 Apr 2017 - 06:30 WIB

Empat dari lima pengguna Pokemon Go tidak lagi memainkan aplikasi buatan Niantic ini. Berdasarkan catatan ComScore seperti dikutip BGR, pengguna aktif harian Pokemon Go terus menurun. Pokemon Go mencapai kejayaannya pada Juli 2016. Tercatat, 28,5 juta pengguna di Amerika Serikat (AS) aktif menggunakan aplikasi ini. Namun berdasarkan data pada akhir 2016, pengguna aktif harian Pokemon Go tinggal 5 juta pengguna saja.

Pokemon Go meluncur pada 6 Juli 2016. Dalam waktu sepekan, aplikasi ini langsung melejit ke puncak popularitas pada 13 Juli. Secepat itu Pokemon Go laris, secepat itu pula ia ditinggal penggunanya. Dari 28,5 juta pengguna, jumlah pengguna aktif Pokemon Go turun jadi 20 juta pengguna. Pengguna aktif terus merosot jadi 10 juta pada September. Hingga tergerus setengahnya pada akhir 2016.

Mencoba memikat kembali para pengguna, Niantic meluncurkan koleksi Pokemon generasi baru di awal tahun ini. Sayangnya, langkah ini ditanggapi dingin oleh pengguna. Sebab, Niantic dianggap masih belum memberikan pemutakhiran yang diinginkan para pengguna. Salah satu apirasi pengguna adalah keinginan untuk bisa meningkatkan cara bertarung antar gym.

Meski pengguna terus turun, tahun lalu Pokemon Go berhasil mencatat predikat fantastis terkait pendapatan sebuah aplikasi. Hasil analisis dari lembaga riset App Annie menunjukkan bahwa Niantic berhasil merengkuh pendapatan USD600 juta (sekitar Rp12,6 triliun) lebih cepat dari aplikasi populer lainnya. Pokemon Go berhasil mendapat USD600 juta dalam 90 hari saja. Sementara Candy Crush Saga membutuhkan lebih dari 200 hari, dan Clash of Clan lebih dari 500 hari, seperti ditulis VentureBeat.

Meski jumlah pengguna Pokemon Go mereka terus menurun, namun hal ini sepertinya tak berpengaruh drastis terhadap saham Nintendo. Setidaknya, saat berita ini ditulis, saham Nintendo masih lebih baik dari waktu yang sama tahun sebelumnya (4 April 2016). Itu adalah masa dimana Pokemon Go belum dirilis. Meski memang, saat ini nilai saham Nintendo tak lagi seindah akhir Juli 2016 saat Pokemon Go tengah menjadi euforia.

Saham Nintendo dalam setahun terakhir. Tampak saham per April 2017 setelah rilis Pokemon Go masih lebih baik dari periode yang sama tahun sebelumnya.


TAGS   Teknologi /


Tulisan Terbaru

Recent Coments