Informasi Seputar Indonesia

Liga Eropa Mana Yang Paling Seru Di Musim Ini?

5 Apr 2017 - 06:46 WIB

Ditinjau dari jumlah gol per partai musim ini, Liga Primer Inggris ternyata bukan yang tertinggi di antara liga-liga Eropa lain.

Salah satu indikator untuk menentukan kadar menarik atau keseruan sebuah liga adalah jumlah gol yang tercipta. Semakin banyak gol di setiap pertandingan, maka otomatis liga tersebut dianggap menarik.

Liga Primer Inggris selama ini dianggap menjadi yang liga yang paling menarik dan seru untuk ditonton. Dengan klub-klub besar dan deretan pemain bintang yang berdesakan di dalamnya, Liga Primer sudah barang tentu mampu memikat hati para fans sepakbola.

Ditambah bumbu-bumbu seperti gaya bermain yang cepat, menguras fisik, banyak gol, dan setiap klub bisa saling mengalahkan, maka Liga Primer adalah tontonan yang mampu memesona jutaan pasang mata sehingga hak siarnya menjadi yang termahal ketimbang liga-liga lain di seluruh dunia.

Namun, tahukah Anda jika Liga Primer ternyata bukan liga yang paling seru jika ditilik dari jumlah gol per partai. Lembaga statistik terkemuka CIES Football Observatory pada pekan ini melansir laporan terbarunya soal liga Eropa mana saja yang mampu mencatatkan gol per partai tertinggi di musim 2016/17.

CIES menemukan fakta bahwa Liga Primer cuma mampu mencatatkan 2,84 gol per laga. Jumlah tersebut masih kalah ketimbang La Liga Spanyol (2,9 gol per laga) dan menempatkan Liga Primer berada di posisi kelima dari 31 liga divisi teratas di Eropa yang didata.

Untuk liga yang tercatat paling produktif, Liga Super Swiss adalah rajanya dengan rataan 3,33 gol per partai. Total gol yang tercipta di Liga Super Swiss musim ini (416 gol) memang hanya setengahnya dari La Liga (808) maupun Liga Primer (804). Namun itu terjadi lantaran Liga Super Swiss hanya dihuni sepuluh klub.

Adapun dari lima liga top Eropa, Ligue 1 Prancis menjadi yang paling rendah dalam urusan mencetak gol (2,60 gol per laga). Serie A Italia sedikit lumayan dengan duduk di peringkat ketujuh dari 31 liga lain (2,80), masih unggul ketimbang Bundesliga Jerman (2,71).

Namun, berbicara soal liga mana yang paling membosankan (baca: yang memiliki rataan gol per partai terendah), maka Liga Primer Rusia adalah jawabannya. Menariknya, Liga Portugal juga termasuk menjadi salah satu liga yang terendah dalam urusan mencetak gol. Padahal, Liga Rusia dan Liga Portugal masuk dalam tujuh besar koefisien UEFA tertinggi.


TAGS   sepakbola /


Tulisan Terbaru

Recent Coments