Informasi Seputar Indonesia

Inikah Solusi Masa Depan dari Baterai Meledak Smartphone

14 Feb 2017 - 10:48 WIB

Banyaknya pemberitaan dan kasus ponsel meledak telah membuat para ilmuwan dan pebisnis smartphone sadar bahwa baterai yang kini digunakan tidak aman dan tidak mampu bertahan cukup lama. Meski banyak proyek telah dilakukan sebagai jawabannya, belum ada yang telah menjadi kenyataan karena lama dan mahalnya penelitian.

Kendati demikian, para peneliti di Harvard telah membuat prototipe baterai yang tidak beracun dan bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan solusi lithium ion yang ada saat ini. Julukannya adalah “flow battery”.

Baterai ini berisi solusi air dengan pH netral dan diharapkan mampu bertahan lebih dari 10 tahun. Meski bukan baterai mengalir pertama, penelitian ini memperbaiki beberapa desain dan masalah yang sebelumnya ada seperti turunnya kapasitas berlebihan karena penggunaan.

Peneliti memodifikasi struktur molekul yang digunakan di solusi elektrolit dan membuatnya larut dalam air. Sebagai hasilnya, beterai menjadi tidak terkorosi dan lebih murah untuk diproduksi sehingga menjadi kandidat ideal untuk digunakan industri.

Sementara prototipe ini bertujuan untuk menjadi solusi untuk masalah baterai lithium-ion pada skala yang lebih besar, dia masih menunggu apa yang akan datang dalam waktu dekat. Perangkat konsumen saat ini membutuhkan daya lebih dari sebelumnya dan pengembangan kea rah sana pasti akan dilakukan sehingga baterai ini mungkin baru akan digunakan beberapa tahun lagi.


TAGS   Teknologi /


Tulisan Terbaru

Recent Coments