Informasi Seputar Indonesia

Keuntungan Konsumen dari Pertarungan Dua Raksasa di Awal 2017

10 Jan 2017 - 15:08 WIB

Aura persaingan untuk pasar kendaraan roda empat dalam negeri di awal tahun 2017 makin terasa. Masing-masing produsen mulai berlomba mengenalkan produk terbarunya kepada masyarakat di tanah air, khususnya dua merek besar yang selalu bersaing, Honda dan Toyota.

Honda di bawah naungan Honda Prospect Motor (HPM), produsen asal Jepang ini memang masih merahasiakan produk terbarunya di 2017 sampai sekarang. HPM belum membocorkan perihal produk terbaru yang akan dikenalkan dalam beberapa hari ke depan, akankah murni sebagai pendatang baru atau pengembangan produk sebelumnya.

Melalui Instagram resmi Honda yang baru diunggah Senin (9/1), Honda sudah mulai mengenalkan produknya dalam bentuk video. Video tersebut, terlihat produk Honda yang diduga berasal dari segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dari berbagai sudut. Walau belum jelas, CNNIndonesia.com memprediksi mobil tersebut secara fisik menyerupai Mobilio maupun BR-V.

Terlihat penampakan grill dan fascia baru pada mobil di video tersebut, termasuk sentuhan lampu utama kepada mobil tersebut mengalami pengubahan.

“Wanna see the new sensation? Visit Honda booth on 13- 15 January 2017 at Mall Taman Anggrek, Jakarta. #hondaisme,” seperti dikutip dari akun Instagram Hondaisme.

Video tersebut bukan tidak mungkin bentuk respons yang ditunjukan Honda atas kemunculan produk baru dari kompetitornya Toyota Astra Motor (TAM).

Memang, TAM sudah terlebih dulu mengumbar kepada publik terkait kemunculan produk MPV-nya, yakni Innova Venturer. Mobil tersebut sudah ramai digunjingkankan hampir di seluruh media pada akhir tahun lalu, dan mulai dipastikan kehadirannya di Januari 2017.

Bahkan, pihak TAM sudah memiliki rencana akan mengenalkan produknya pada 16 Januari, mendatang, beberapa hari setelah Honda mengenalkan produknya. Mereka memberi tema ‘Legendary Products Launch’. Berdasarkan kata ‘Legendary’ pada tema acara tersebut, kemungkinan adalah perkenalan Innova Venturer kepada publik.

Berbeda dengan Honda yang masih malu-malu mengenalkan produknya, TAM secara jelas membocorkan Venturer, yang diklaim sebagai mobil termewah dalam keturunan Innova.

Dari brosur yang beredar, Venturer diberi opsi tujuh warna berbeda. Mulai dari Super White 2, Silver Metallic, Dark Grey Mica Metallic, Attitude Black dan Alumina Jade yang sebelumnya sudah tersemat pada All New Kijang Innova.

Diperkirakan, harga untuk tipe Venturer ini akan naik menjadi lebih dari Rp440 jutaan. Alasan dari harga tersebut karena Toyota menyematkan fitur-fitur terbaru yang lebih ekstrem.

Fitur keamanan, Innova Venturer akan dibekali dengan tujuh kantung udara. Dua di depan pengemudi dan penumpang, satu untuk dengkul pengemudi, dua untuk pelindung kepala sisi kanan dan kiri mobil, serta pelindung samping sisi kanan dan kiri.

Innova Venturer juga akan dipasarkan dengan dua pilihan mesin, diesel dan bensin, terkait transmisi belum diketahui pasti. Mendapati laporan dari situs pendaftaran tipe bermotor milik Kementrian Perindustrian (TPT Online), bahwa Innova Venturer 2.0-liter (4×2) A/T, tipe 2,4-liter (4×2) A/T dan 2,4-liter manual. Artinya, Toyota masih menyediakan dua pilihan transmisi, walaupun tanpa manual di versi mesin bensinnya 2.0L.

Beberapa bagian seperti aksesoris bernuansa krom, side skirt berwarna hitam, dan velg warna hitam yang semakin menegaskan aura sangar pada generasi terbaru dari Innova tersebut. Mobil 7 penumpang itu, kabarnya juga akan memiliki fitur yang sama dengan Innova tipe Q dengan penyematan keyless.

Tak ketinggalan, Innova Venturer juga sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), ABS, EBD, dan ISOFIX. Semuanya juga didukung dengan kenyamanan kelas atas dari jok tipe captain seat di bagian tengah.

Bisa dikatakan Honda telah siap mengawali tahun 2017 dengan bersaing bersama Toyota yang memegang label produsen otomotif terlaris di Indonesia. Keduanya akan merebut hati pasar di Indonesia dengan segmen serupa, yaitu MPV.


TAGS   otomotif /


Tulisan Terbaru

Recent Coments