Informasi Seputar Indonesia

Kota Dekat Gunung Lokon Bakal Bertabur Bunga Krisan

29 May 2016 - 08:24 WIB

Kota sejuk Tomohon yang berada dekat dengan Gunung Lokon di Sulawesi Utara bakal bertabur bunga. Pada 8-12 Agustus 2016 nanti, dunia bakal menyaksikan warna-warni ratusan ribu kuntum bunga dalam perayaan Tomohon International Festival Flower (TIFF).

“Kebutuhan kuntum-kuntum bunga ini untuk digunakan dalam kendaraan hias, selain juga pameran,” kata Kepala Badan Penyuluh Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Kota Tomohon, Janjte Ering.

Jantje mengungkapkan, 360 ribu kuntum sudah disiapkan pemerintah melalui 40 kelompok tani bunga. Namun bunga yang dipakai hanya jenis krisan kulo dan riri serta aster. Karena bunga-bunga itu asli berasal dari Tomohon.

“Sebagian besar kelompok tani ini berada di wilayah Tomohon Utara. Sengaja diambil bunga krisan dan aster karena nilai jual tinggi sehingga bisa membantu petani, selain itu karena bunga itu asli dari daerah Tomohon,” tutur dia.

Ada Ahok

Untuk mempromosikan kegiatan ini, Pemkot Tomohon bakal menggelar launching-nya di Jakarta pada Minggu 29 Mei 2016. Rencananya kegiatan ini akan disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Ahok.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kota Tomohon Mariam Rau.

“Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, Wakil Wali Kota Syerly Sompotan bersama Gubernur Ahok diagendakan akan menghadiri launching tersebut,” ujar Mariam.

Mariam mengatakan, launching TIFF 2016 digelar saat Car Free Fay di depan gedung BNI 46 Jalan Jendral Sudirman Jakarta hingga halaman parkir gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI Jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat. “Peserta akan melewati juga bundaran HI,” ucap Mariam.

Selain atraksi kendaraan hias dan budaya Minahasa, masih ada sejumlah acara lain yang sayang untuk dilewatkan dalam festival bunga internasional ini. Seperti Flower Fashion Mini Carnival dan Kolintang ‘Ba Pontar’.


TAGS   wisata /


Tulisan Terbaru

Recent Coments